Bahan Kimia Makeup dan Pasta Gigi Bisa Mempercepat Anak Pubertas

Bahan Kimia Makeup dan Pasta Gigi Bisa Mempercepat Anak Pubertas
Bahan Kimia Makeup dan Pasta Gigi Bisa Mempercepat Anak Pubertas
Info Kesehatan - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bahan kimia tertentu yang ditemukan dalam produk tata rias wajah, sabun, pasta gigi dan produk perawatan pribadi lainnya dapat menyebabkan anak perempuan mengalami pubertas lebih awal.  SEPUTARINFO

Penelitian yang dipimpin para peneliti di University of California Berkeley dan diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction menganalisis wanita hamil yang tinggal di pertanian, terutama komunitas Latino California Valley's Salinas Valley antara 1999 dan 2000.

Dilansir Foxnews, para peneliti mengambil sampel urin dari para ibu sebanyak dua kali selama kehamilan mereka. Kemudian mengambil sampel urin dari 338 anak, dimana 159 anak laki-laki dan 179 anak perempuan saat mereka berusia 9 tahun.

Selanjutnya peneliti melacak pertumbuhan mereka dan perkembangan dari waktu itu sampai mereka mencapai usia 13 tahun. Pertama, urin diuji untuk mengetahui keberadaan bahan kimia yang berbeda, seperti diethyl phthalate dan triclosan.

Bahan kimia tersebut sering digunakan sebagai penstabil dalam wewangian dan kosmetik. Kedua ditemukan dalam beberapa jenis pasta gigi. Hasilnya, para peneliti di School of Public Health menemukan bahwa anak-anak perempuan dari ibu yang memiliki tingkat diethyl phthalate dan triclosan yang lebih tinggi dalam tubuh mereka selama kehamilan mengalami pubertas pada usia yang lebih muda. Hal yang sama tidak berlaku untuk anak laki-laki.

Setiap kali konsentrasi dari dua bahan kimia yaitu dietil ftthalate dan triclosan digandakan dalam urin ibu, waktu pencapaian perkembangan pada anak perempuan bergeser sekitar satu bulan sebelumnya. Gadis-gadis yang memiliki konsentrasi paraben yang lebih tinggi dalam air kencing mereka pada usia 9 tahun juga mengalami pubertas di usia yang lebih muda.

Paraben digunakan dalam kosmetik sebagai pengawet. Temuan ini muncul setelah sejumlah penelitian selama dua dekade terakhir menunjukkan bahwa anak perempuan dan mungkin anak laki-laki telah mengalami pubertas pada usia yang semakin muda.

Para peneliti mencatat mencapai pubertas di usia muda telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit mental, payudara dan kanker ovarium pada anak perempuan dan kanker testis pada anak laki-laki. Penelitian ini merupakan salah satu dari sedikit yang secara khusus menganalisis bagaimana bahan kimia ini dapat mempengaruhi pertumbuhan anak-anak manusia.

"Kami ingin tahu efek apa yang terpapar terhadap bahan kimia ini selama beberapa jendela kritis perkembangan, yang meliputi sebelum kelahiran dan selama pubertas," kata Kim Harley, seorang profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat yang bekerja pada penelitian tersebut.

"Kita tahu bahwa beberapa hal yang kita masukkan ke tubuh kita masuk ke tubuh kita, baik karena mereka melewati kulit atau kita menghirupnya atau kita secara tidak sengaja menelannya. Kita perlu tahu bagaimana bahan kimia ini mempengaruhi kesehatan kita," tambahnya.

Meski tidak benar-benar yakin bahan kimia yang menyebabkan gadis-gadis mencapai pubertas pada usia lebih muda, Harley menekankan orang harus menyadari bahwa ada bahan kimia dalam produk perawatan pribadi yang dapat mengganggu hormon dalam tubuh. SEPUTARINFO

No comments: